Tentang PCI

Persatuan Cricket Indonesia (PCI) telah terbentuk sejak tahun 2000, pertama kali didirikan bernama Yayasan Cricket Indonesia. Sejak awal berdiri, Cricket Indonesia telah menjadi perwakilan resmi Indonesia di International Cricket Council (ICC) sebagai anggota afiliasi dan mewakili Indonesia di wilayah ICC East Asia Pacific (ICC-EAP).

Tanggal 13 Februari 2011, Cricket Indonesia secara resmi menjadi Persatuan Cricket Indonesia (PCI) yang ditandai dengan diterimanya PCI menjadi anggota KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

PCI telah berhasil menyelenggarakan turnamen nasional U-15 yang diikuti 15 provinsi di Jakarta. Pada tahun yang sama, PCI juga berhasil menjadi tuan rumah turnamen internasional yaitu ICC-EAP U-15. Dalam turnamen ini sebanyak tujuh negara ikut berpartisipasi.

Dengan dukungan penuh dari KONI dan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, olahraga cricket semakin terlihat perkembangaan di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan partisipasi olahraga cricket di PON XIX pada 2016 dan SEA Games 2017 di Malaysia. Dua event olahraga ini merupakan tonggak penting bagi pengembangan olahraga cricket di Indonesia, sebagai langkah awal Indonesia berpartisipasi di Asian Games XVIII di Jakarta pada 2018.

Visi:
Menjadikan cricket sebagai salah satu cabang olahraga yang prestasi dan popularitasnya tiga besar di Indonesia

Misi:

  • Sosialisasi cricket sejak usia dini di Indonesia secara berjenjang
  • Penguatan keorganisasian untuk menunjang prestasi internasional bagi cabang olahraga cricket Indonesia
  • Menggalang dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder cabang olahraga cricket di Indonesia dan Internasional